Isnin, 28 April 2014

Misteri Etnik: Jati diri Ponorogo

Oleh Azrul Affandi Sobry
  • Foto
  • Foto
  • Foto
  • Foto
Harta warisan, budaya unik kelebihan masyarakat Jawa di sekitar Johor
Siri 1
RAMAI beranggapan masyarakat Jawa ini sama saja walau di mana saja mereka berada, biarpun hakikatnya kelompok ini terbahagi kepada beberapa etnik kecil yang menjurus kepada tanah asal mereka di Indonesia. Namun, pernahkah anda tahu mengenai kewujudan masyarakat Jawa Ponorogo di Malaysia? Mendengar namanya saja sudah pelik, apalagi penceritaan mengenainya sebegitu asing. Malah, dalam kalangan orang Jawa sendiri, khususnya generasi mudanya pun tidak mengenai kelompok Ponorogo itu.
Secara ringkas, Jawa Ponorogo adalah masyarakat terbesar bertumpu di kawasan Sri Medan, Batu Pahat dan antara teramai di daerah Johor itu. Malah, mereka juga kekal satu-satunya masyarakat Jawa yang tegar meneruskan cara hidup serta budaya asal Jawa dibawa dari Indonesia.
Jawa Ponorogo berasal dari daerah di Jawa Timur iaitu Ponorogo dan kemasukan mereka ke sekitar Batu Pahat dan sebahagiannya di Selangor berlaku pada awal 1920 untuk memantapkan ekonomi mereka lantaran kesukaran membina kehidupan sempurna di tanah asal di Indonesia.
Kesempatan mendekati mereka di kawasan Sri Medan terutama di kampung Parit Warijo dan Parit Baru, menyerlahkan lagi realiti yang menampilkan kelainan sebagai penerus budaya Jawa asli dari Indonesia. Perbezaan yang ditampilkan pula bukan sekadar bahasa tetapi juga cara hidup serta wajah kampung itu sendiri.
Penulis sendiri terpegun seketika melihat persekitaran ketika melintasi jalan Parit Warijo ke rumah Ketua Kampung, Sukadi Kusmadi, baru-baru ini. Di kiri kanan jalan, kami dihidangkan pemandangan rumah besar berhalaman luas dan bersih dikelilingi pokok kelapa sawit yang tersusun kemas. Bukannya tiada kampung lain sebersih itu tetapi pemandangan kali ini mengagumkan penulis kerana selain kebanyakan rumahnya ibarat banglo mewah, halamannya juga luas yang boleh memuatkan lebih 10 kereta sekali gus.

Biarpun dikelilingi pokok kelapa sawit, persekitarannya sentiasa bersih yang menjadi antara keunikan cara hidup atau budaya Jawa Ponorogo dan bukan Jawa lain secara umumnya.
Malah Jawa Ponorogo juga unik kerana banyak perbezaan dengan Jawa lainnya termasuk aspek bahasa dan budaya berikutan asal usul mereka dari Jawa Timur di Kepulauan Jawa.
Ramai warga tuanya juga mahir berbahasa Jawa Ponorogo halus.
Keunikan lain mereka ialah sikap lemah lembut dan berbudi bahasa dalam kebanyakan urusan. Tidak sah bertandang tanpa hidangan sekurang-kurangnya air kosong. Seperti peringatan rakan Jawa lain yang mengetahui misi Misteri Etnik mendekati masyarakat itu kali ini, jangan sekali-kali menolak hidangan jika berkunjung ke rumah orang Jawa terutama Ponorogo kerana budaya mereka memastikan tetamu tidak pulang tanpa tekak dibasahkan dulu.
Merujuk sejarah kedatangan mereka, meskipun merantau ke bumi orang dalam keadaan daif dan hanya berbekalkan kemahiran bertani, masyarakat itu berjaya membina kehidupan baik dengan kebanyakan keluarga memiliki tanah luas mencecah belasan ekar dengan pelbagai tanaman seperti kelapa sawit dan getah.
Ia berkait rapat sifat berani meneroka kawasan baru serta rajin. Selain paparan keadaan rumah mereka yang mewah, masyarakat ini juga tebal tradisi mencari rezeki untuk diwarisi turun temurun. Lantaran itulah, meskipun Sri Medan sinonim dengan banjir selama ini, ia mampu dibangunkan dengan baik sampai sekarang atas kemahuan orang Jawa Ponorogo yang membina kehidupan lebih selesa untuk kesenangan anak cucu.
Masyarakat Jawa Ponorogo juga memiliki keteguhan mempertahankan budaya tersendiri kerana sudah menjadi tradisi di Ponorogo, Indonesia, satu pesta kebudayaan ‘Reyog’ terus diadakan setiap tahun.
Ia turut menjadi tunjang kepada keturunan Jawa Ponorogo di negara ini untuk terus mempraktikkan banyak aktiviti kebudayaan dan kesenian seperti kuda kepang, barongan, wayang kulit dan permainan muzik gamelan. Lebih ketara, perhubungan berterusan masyarakat itu dengan keluarga asal di Ponorogo, membolehkan budaya itu dikekalkan.
Kebetulan, ketika tugasan Misteri Etnik ini dijalankan, ramai masyarakat di Parit Warijo berkunjung ke Ponorogo kerana di sana bakal diadakan pesta Reyog yang kebiasaannya menjadi keramaian terbesar setiap kali tiba Awal Muharam.
Kelebihan mereka juga terletak kepada darah pahlawan yang menebal dalam diri mereka, terutama jika merujuk sejarah mereka dalam perkembangan Islam dan tuntutan kemerdekaan daripada kerajaan Majapahit. Jawa Ponorogo ini turut dikenali pejuang ‘Warok’ yang diabadikan sebagai tugu besar di daerah itu di Indonesia.
Darah kepahlawanan dan keberanian itulah mendorong mereka untuk membina penempatan di kebanyakan kawasan di Batu Pahat. Malah, di Sri Medan sendiri, boleh dikatakan 80 peratus penduduknya berdarah Ponorogo selain etnik Jawa lain, Banjar dan masyarakat Cina yang bergelar minoriti di situ.
Status diri sebagai ‘orang kaya’ juga sesuai bagi menggambarkan cara hidup mereka. Difahamkan, tidak banyak kenderaan awam yang sanggup memasuki kawasan itu kerana sukar mendapat penumpang lantaran setiap isi rumah memiliki kereta sendiri, termasuk berkereta mewah.
Jika adapun, mungkin sekali bagi setiap dua ke tiga jam, kelihatan kelibat bas awam, itupun tidak ramai penumpang. Kemewahan masyarakat itu mungkin didorong keupayaan mengusahakan sektor pertanian dan perladangan. Difahamkan juga, ekonomi rumah tangga turut dibantu hasil usaha golongan wanitanya yang mahir mengusahakan pelbagai kerja tangan.
Biarpun kaya atau berkemampuan, mereka tidak lekang sikap ramah, merendah diri serta budi bahasa tinggi yang menarik hati penulis. Tidak hairanlah kerap juga program anak angkat diadakan di situ kerana mudah mendapat kerjasama keluarga yang sudi menerima tetamu.
Mereka juga dikatakan golongan kuat beribadat dan hebat berdakwah, termasuk penggunaan pentas wayang kulit sebagai saluran utamanya. Malah, ia menjadi alat utama pada zaman wali kesembilan di Jawa ketika penyebaran dakwah Islam kepada masyarakat Jawa Hindu.
Namun, disebabkan Indonesia secara umumnya dan Kepulauan Jawa pada dulunya dimonopoli agama Hindu, ia sedikit sebanyak mempengaruhi budaya masyarakat Jawa termasuk Ponorogo, terutama struktur rumah.
Kebanyakan, malah mungkin semua rumah asal Jawa Ponorogo mempunyai ruang di tengah dinding berlubang dengan satu kayu setinggi paras betis di bawahnya dikenali sebagai ‘Undak Undaan’. Ia sebenarnya digunakan oleh masyarakat dulu untuk meletak kemenyan dan kelapa, kononnya untuk meraikan sesuatu. Ia nyata pengaruh Hindu yang dibawa mereka, namun sudah diketepikan kini.
Bahasa halus kian pupus
JAWA Ponorogo mempunyai beberapa kelainan jika dibandingkan dengan masyarakat Jawa lain kerana mereka bukan sekadar berasal dari Jawa Timur, satu daerah dalam Kepulauan Jawa yang turut mempunyai Jawa Barat dan Tengah, malah masyarakat itu turut mempunyai bahasa pertuturan berbeza.
Jika orang Jawa Ponorogo bercakap dalam bahasa mereka, ia mungkin tidak difahami masyarakat Jawa lain dan begitu juga sebaliknya. Lebih unik, Jawa Ponorogo mempunyai dua jenis bahasa iaitu bahasa pasar (pertuturan biasa) dan bahasa halus yang kini semakin pupus kerana kurang pengamalnya.
Satu keistimewaan masyarakat ini ialah ketegasan ibu bapa dalam memastikan bahasa Jawa Ponorogo terus diwarisi golongan muda sama ada dengan penggunaan secara kerap dalam rumah, mahupun menjadi bahasa pertuturan rasmi di mana saja mereka berada.
Justeru, tidak menghairankan jika meskipun orang Jawa Ponorogo sedang berbual dalam Bahasa Melayu sesama rakan bukan Jawa, mereka akan dengan spontan menukar bahasa pertuturan itu ke bahasa Jawa sejurus ada seorang rakan Jawa menyertai perbualan itu.
Ia juga sama dalam banyak urusan sama ada ketika menyampaikan ceramah dan ucapan sesama mereka. Sukar sekali untuk difahami lenggok bahasa Jawa Ponorogo ini kerana tiada langsung persamaan dengan bahasa Melayu.
Ketika melihat persembahan wayang kulit yang dibawa khusus dari Ponorogo, Indonesia di satu majlis perkahwinan, semua pengunjung Melayu hanya mampu terpinga-pinga, malah dalam kalangan orang Jawa juga ada yang asyik kehalusan sekali bahasa yang digunakan.
Ia sekali gus menunjukkan begitu unik sekali bahasa Jawa Ponorogo dalam masyarakat itu, namun hakikat yang perlu diakui ialah ia semakin pupus kerana tidak ramai generasi baru termasuk golongan umur pertengahan yang menguasai bahasa Jawa Ponorogo halus.
“Kue apik tenang. Ayo la neng ngomah ku. Aku madang sego.” Rasanya bahasa itu kedengaran berbeza sekali dengan orang Jawa lain. Ayat itu yang membawa maksud – “Kamu sangat baik hati. Jemputlah ke rumah saya. Aku makan nasi.” Ada antara isi ayat itu hanya ada pada orang Jawa Ponorogo.
Namun, jika diteliti pula aspek bahasa halus mereka, nyata jauh sangat perbezaan dengan bahasa pertuturan harian. Malah, jika ditanya kepada orang Jawa lain, pasti ada yang langsung tidak tahu maksudnya sesuatu perkataan itu.
Sebagai contoh, makan dalam masyarakat Jawa adalah madang dan ada menyebutnya mangan. Namun, dalam bahasa halus Jawa Ponorogo, ia disebut dahar. Nyata jauh sekali perbezaannya, bukan sekadar mengubah satu dua suku kata.
Tidur disebut turu dalam perbualan harian tetapi menjadi tilem dalam bahasa halus. Rumah atau omah menjadi griyo, manakala jalan atau dalan menjadi radosan.
Apa sekalipun, keunikan itu pasti menjadikan masyarakat itu sangat menarik untuk didekati, bukan sekadar bahasa tetapi cara hidup dan budaya mereka tersendiri.

Sumber

Ahad, 27 April 2014

Kisah Seram - Pesta Hantu


















Dunia Seram - DIA tergeletak di samping batu nisan sebuah makam. Tubuhnya pucat-pasi. Nafasnya terhenti. Tetapi jantungnya masih kelihatan berdenyut. Dia masih lengkap menggunakan seragam Satpam ketika hendak berangkat tugas. Kasdan, nama satpam tersebut, yang malam itu bertugas jaga di pos empat. Mulai jam delapan malam dia sudah standby di pos kamling dengan kelima temannya. Malam itu suasana aman dalam malam yang dingin. Dan, semakin malam suasana semakin senyap, sementara udara malam semakin dingin mencekam. Kadang dari kejauhan terdengar suara tenggerek yang bersahut-sahutan, seolah malam itu merekalah yang berkuasa.
Jam di pos kamling berbunyi dua kali. Entah mengapa, tiba-tiba Kasdan menyahut jaketnya yang dicantolkan pada sebuah paku di pilar pos, kemudian keluar sambil menoleh sejenak kepada teman-temannya yang masih ada di pos.

“Aku mau ke Tawangsari,” katanya, lalu keluar begitu saja, seolah tak peduli dengan semua teman-temannya yang melihatnya dengan bengong. Kasdan berjalan ke arah selatan. Teman-temannya hanya mengikuti pandang dari kejauhan, hingga Kasdan tak terlihat lagi di kegelapan malam yang semakin pekat.

Setelah Kasdan keluar, semua teman-temannya yang masih di pos kamling lalu mulai melaksanakan tugas keliling desa. Hinnga menjelang Subuh Kasdan belum juga kembali ke pos kamling. Teman-temannya bisanya hanya saling berpandangan tanpa tahu apa yang harus mereka perbuat. Setelah dicari beberapa saat lamanya Kasdan ditemukan tergeletak pada sebuah makam. Melihat hal itu secara beramai-ramai dia lalu diangkat untuk dibawa pulang ke rumahnya. Lalu Kasdan dibaringkan di sebuah bayang.

Pagi itu para tetangga berdatangan untuk melihat Kasdan. Mereka semua ingin tahu mengapa Kasdan bisa sampai begitu, lalu apa yang terjadi dengannya ? Salah seorang kakek-kakek yang berpengaruh di desa itu lalu memijit-mijit jidat Kasdan. Mulutnya yang dipenuhi dengan kumis yang sudah memutih berkomat-kamit membaca mantera. Akhirnya, berkat mantera-mantera kakek tadi Kasdan lalu sadar.

“Kang Kasdan….” Isterinya setengah berteriak seraya memeluk suaminya.

“Kang….apa yang terjadi denganmu Kang? Ini aku Kang….dan ini anak-anakmu !” Perlahan-lahan Kasdan duduk di bayang, lalu meminum kopi yang telah disediakan oleh isterinya. Kini dia sadar sepenuhnya. Para tetangga yang mengelilinginya dipandangnya secara bergantian. Salah seorang temannya yang ikut ronda mendekat lalu bertanya, “Dan, bagaimana perasaanmu sekarang? Lalu apa yang terjadi semalam denganmu?”

“Kamu capek, Dan?”

“Heeh…aku capek sekali, tulang-tulangku serasa lepas rasanya”.

“Merokok, Dan?” temannya menyodorkan sebatang rokok, disautnya sebatang. Lalu dirokoknya. Nikmat sekali kelihatannya.

“Semestinya kamu masih ingat ya Dan, ketika kami bersama-sama jaga di pos kamling kemarin semalam?” Tanya Damin mencoba memancing ingatan Kasdan.

“Ya…ya aku masih ingat benar. Malam itu aku pamit dengan kamu ya?” Kasdan ganti bertanya kepada Damin, teman sesama ronda semalam yang kini ada di dekatnya.

“Semalam aku berniat untuk mengadakan ronda ke Tawangsari. Entah karena apa tiba-tiba aku berkeinginan untuk ronda sendirian saja. Setelah di sana, menurut perhitunganku, aku bakal ketemu dengan kalian yang akan menyusul ke Tawangsari. Waktu itu aku sudah tiba di warung nasi rawon Pak Brengos. Tetapi tiba-tiba saja aku tiba pada sebuah jalan yang gelap penuh bebatuan. Aku mengira bahwa aku telah salah jalan. Sedianya aku akan cepat kembali. Namun, tiba-tiba aku segera menghentikan langkahku ketika telingaku menangkap suara hura-hura. Rupa-rupanya tidak jauh dari tempatku berdiri ada orang yang menyelenggarakan pesta-pora. Tetapi, siapa orangnya yang malam-malam begini mengadakan pesta, aku penasaran. Aku lalu berjalan berbelok ke kiri ke sebuah gang yang sempit serta melewati jalan kereta api. Barulah di situ aku bisa menyaksikan keluarga yang sedang mengadakan pesta-pora yang meriah. Ketika aku lagi terkesima melihat pesta itu tiba-tiba aku melihat sepasang muda-mudi yang datang menghampiriku”.

“Mari Om silakan masuk. Om termasuk orang yang kami undang”. Aku seperti terkena hipnotis ketika mereka manggandeng tanganku diajak masuk ke dalam pesta itu. Di situ aku melihat empat puluh pasang muda-mudi yang sedang berdansa dengan irama yang lembut sekali. Lagu yang mengiringinya seperti lagu Barat seperti yang digunakan untuk mengiringi para nonik-nonik Belanda tempo dulu. Sekeliling ruangan dipenuhi dengan cahaya lampu yang beraneka warna. Tak lama kemudian ada seseorang wanita yang cantik jelita memberikan minuman kepadaku.

Dengan suaranya yang lembut disertai dengan senyuman yang sangat menawan, dia mengajak minum-minum bersama. Aku merasakan minuman yang kuminum itu rasanya hambar.

“Yuk menari Om…” Wanita itu mengajak menari sambil melingkarkan tangannya ke punggungku.

Anehnya, aku sama sekali tak kuasa untuk menolaknya. Aku hanya menuruti saja kehendaknya. Tak lama kemudian aku dan wanita itu sudah membaur dengan muda-mudi lainnya yang berjubel di ruangan itu. Kulihat wanita pasanganku itu tampak semakin cantik.

Wajahnya yang dihiasi dengan rambut ikal sebahu menambah kecantikannya tiada tara. Aku lalu mengajaknya ke tempat yang sepi, jauh dari keramaian yang hiruk-pikuk. Di tempat yang sepi itu suasana kurasa semakin romantis. Tempat itu ternyata ada di belakang rumah yang besar.

“Aduh, Mas, tiba-tiba saja kepalaku merasa gatal sekali. Tolonglah garuk kepalaku ini, Mas…” katanya sambil menunjukkan tengah kepalanya yang katanya merasa gatal. Aku tak mengira sama sekali kalau dia semakin manja. Kuturuti permintaannya. Ketika kugaruk kepalanya di sela-sela rambutnya yang lembut dengan bau parfum yang menyengat, pandangan mataku menatap sebuah benda kekuning-kuningan layaknya sebuah susuk persis di tengah-tengah jidatnya.

“Lho, di tengah-tengah kepalamu kok ada susuknya yang menancap ?” kupelototi benda itu.

“Yah…mungkin benda itu yang membuat kepalaku terasa gatal sekali…” katanya dengan tenang. Seolah tak ada yang terlalu istimewa dengan benda itu.

“Lalu bagaimana ? Apa yang harus aku lakukan?” aku masih melihat susuk yang masih menancap di jidatnya.

“Tolong deh Mas…cabut saja susuk itu…” pintanya. Aku lalu menuruti saja permintaannya. Ketika susuk yang berwarna kuning keemasan itu kucabut, masya'allah…bukan susuk saja yang kucabut, tetapi kepalanya ikut tercabut dengan enaknya. Dan, kepala yang ikut tercabut itu sama sekali tak ada darah yang keluar. Kepala yang tercabut dengan mudah itu bagaikan permainan belaka. Kepala yang masih ada di tanganku itu lalu kubuang begitu saja. Kemudian kepala itu menggelinding ke sana-ke mari sambil tertawa menyeringai dengan wajah yang menakutkan. Matanya melotot disertai dengan lidah yang menjulur-julur.

Melihat kejadian yang sangat menakutkan itu aku bisanya hanya menjerit ketakutan, ”Hantu…tolong…hantu…” dengan sisa-sisa kekuatanku aku lalu lari meninggalkan tempat itu. Tetapi, baru beberapa langkah, tiba-tiba ada segerombolan orang yang menghadangku. Astaga… ternyata orang-orang yang menghadangku itu juga sama-sama tak berkepala semua.

Dengan berjalan perlahan-lahan bagaikan film “zombie” mereka berusaha hendak menangkapku. Tak ada jalan lain yang bisa kuperbuat selain berteriak-teriak sekeras-kerasnya. “Tolong … Tolong … tolong…!” Bersamaan dengan teriakanku yang membahana di tengah malam jahanam itu, aku lalu tak sadarkan diri, hingga akhirnya aku kalian temukan.

Demikian cerita Kasdan di tengah-tengah para famili dan tetangga yang mengelilinginya. Belakangan baru diketahui bahwa tempat tersebut dulu digunakan untuk orang-orang G.30.S PKI yang dikubur secara massal. (R.26)


Sumber

Cerita Misteri - Penerbangan Malam

 

Dunia Seram - Nama saya Fir. Kisah ini berlaku lapan tahun yang lalu, ketika itu saya masih bekerja sebagai pembersih dalaman kapal terbang (Aircraft Interior Cleaning atau singkatannya AIC). Kerjanya mungkin agak senang, membersihkan dalaman kapal terbang, seperti tempat duduk, meja, majalah, tandas, ruang pekerja dan sebagainya dengan hanya sebelas orang pekerja. Macam-macam kapal terbang dibersihkan, dari kapal jenis A319, B747, B777 hinggalah A380. Cuba bayangkan betapa besar kapal Megatop 747 dengan hanya empat orang pekerja membersihkannya.

Kisah ini berlaku apabila penerbangan jenis A340-500 membuat perhentian semalaman. Dan kapal ini agak istimewa kerana kesemua tempat duduknya bertaraf kelas bisnes, dan bila enjin dimatikan hanya kedengaran kapal-kapal terbang lain yang berlepas. Ia juga merupakan kapal terbang yang biasanya membawa jenazah. Jadi pada malam itu dengan kru sebelas orang, kami bertugas seperti biasa menggunakan lampu suluh. Sedang saya bertugas, terperasan ada orang yang duduk di tempat duduk kru pramugara, jadi saya tanya rakan saya di sebelah, "Fik siapa pula yang di seksyen terakhir?" "Entah aku rasa Mamat atau Kak Martini kot? Alah lepas habis seksyen kita, kita pergi belakang tolong mereka lah..." kata rakan saya. Tetapi saya tidak menumpukan perhatian pada tugas dan masih pandang ke tempat duduk tadi dan tertanya siapa lagi yang masih di situ.

Saya bersuara, "Mamat! Kak Tini! Yang lain dah nak turun, korang masih banyak lagi tugasan ke? Kalau banyak aku dengan Fiq tolong sikit kita buat cepat-cepat." Mereka terdiam saja, mungkin sibuk agaknya. Jadi rakan saya dan saya menuju ke seksyen terakhir untuk menolong sikit. Ruang penerbangan ini agak terhad tetapi sungguh panjang. Jadi sambil berjalan menuju seksyen terakhir sambil ketawa. Tiba-tiba rakan saya terhenti dan membisik di belakang saya. "Eh kejap!!! Bau macam bunga orang meninggal ah..." "Ishk kau ni! Dah buang tebiat eh? Dah sudah kau berhenti di tengah bila nak habis kerja mereka tu?" Tiba-tiba telefon bimbit saya berbunyi, nama yang tertera adalah rakan kami Mamat. Jadi saya bersuara, "Oi Mamat! Kau lagi nak main-main eh, kerja kau kan masih berlambak?" Saya tak mengangkat panggilan dari Mamat. Sejurus kemudian saya terima panggilan, kali ini ia dari ketua kumpulan kami dan saya mengangkat panggilan itu sambil menyuruh rakan saya pergi dulu menolong rakan lain di seksyen terakhir, "Fir kenapa lambat korang nak turun? Korang tak nak balik ke?" Jadi saya beritahu ketua kumpulan saya, "Nak turun lah ni lepas tolong Mamat dengan Kak Tini."

Tiba-tiba rakan saya Fiq terpekik dengan sekuat hati, "Fir, lari Fir!!! Cepat keluar!!!" sambil lari saya tanya apa jadi dan bertanya Mamat & Kak Tini di mana? Fiq cuma sempat berkata, "Nanti aku beritahu kau di luar..."

Bila tiba di luar kapal terbang, saya terkejut! "Eh Mamat??? Kak Tini??? Tadi di atas kan korang di seksyen terakhir??? Errr... Fiq baik kau bagi tahu aku." "Ok sekarang aku bagi tahu kau, tapi aku tak nak pandang itu seksyen terakhir. Semasa kau berbual dengan ketua kumpulan. Aku dengar suara sama macam Kak Tini ketawa, bila aku suluh ke arah sana, aku ternampak ada orang berdiri tegak! Jadi aku pekiklah suruh lari! Sampai aku rasa nak pengsan tapi tawakal!"

Sampai sekarang ia menjadi tanda-tanya kepada saya siapakah yang di berada di tempat duduk di seksyen terakhir dan siapa lagi yang rakan saya ternampak.

Sekian



Lagi Kisah Seram: Ghost Stories Club  

Kisah Seram - Mistis di Kampung Setan, Sinjai Utara


106348-14-the-ring.jpg 
Dunia Seram - Kampung Setan memang terdengar sangat asing, namun bagi masyarakat kelurahan Alehanuae dan sekitarnya tidak asing lagi. Kampung setan adalah nama salah satu tempat yang adanya di Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.
 
Tak jelas siapa yang pertama kali memberinya nama Kampung Setan.Yang jelasnya sesuai keterangan beberapa masyarakat yang kami temui, ada sejumlah kisah misteri yang bersumber dari kampung tersebut. Di sekitar kampung itu terdapat sejumlah rumah panggung penduduk yang letaknya saling berjauhan.

Sekitar 35 tahun yang lalu Asbar (45 th) pernah tinggal bersama neneknya di kampung itu sekitar 2 tahun lamanya. Ketika itu berbagai pengalaman mistik yang Asbar rasakan, namun belum mengerti sama sekali arti dari setiap kejadian yang di alaminya. Misalnya suatu ketika diajak bersama kakak sepupu pergi mencari buah mangga masak dimalam hari bersama anak-anak kampung setempat, kebetulan waktu itu lagi musim mangga dan sudah menjadi kegembiraan anak-anak setempat mencari buah mangga yang jatuh dimalam hari.

“Saya masih ingat ketika itu karena malam semakin larut,teman-teman pada tidur semua di bawa pohon mangga,tinggallah saya seorang yang tidak bisa memejamkan mata ,entah apa sebabnya.Tiba-tiba terdengar suara mangga yang jatuh di tengah semak belukar,saya pun berlari menuju tempat jatuhnya mangga tersebut dengan membawa obor yang terbuat dari daun kelapa yang telah di anyam. Setelah merasa yakin dengan apa yang saya lihat, mangga itu lalu saya raih” Ujar Asbar kepada Mitos.

“Setelah meraih mangga yang ada dihadapan saya, ternyata bukan mangga melainkan kepala manusia kerdil yang tidak memiliki jasad, kepala itu saya pandangi, seketika dia tersenyum pandangannya tajam memancarkan aura merah, saya terdiam seribu bahasa bagaikan terhipnotis seluruh persendianku kaku di buatnya” Lanjutnya.

“Sayapun meletakkan kepala itu ke tanah dan tiba-tiba berguling lalu lenyap di tengah kegelapan malam. Pengalaman ini tidak pernah menjadi sebuah perenungan buat saya, sebab mungkin ketika itu masih kanak-kanak.Setelah sedikit mempelajari ilmu keghaiban saat dewasa,barulah saya mengerti bahwa ketika itu yang saya temui adalah mahluk ghaib yang mendiami kampung setan.

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepatnya,apa yang saya alami sudah 35 tahun berlalu,baru sekarang tergerak hati saya kembali menyusuri misteri di balik pengalaman masa kecil dulu” Kenang Asbar menutup kisah masa kecilnya.

Beberapa warga setempat yang ditemui Mitos dan menanyakan prihal penamaan kampung setan yang menarik untuk diketahui pembaca mitos.

Puang katang (70 th) salah satunya yang banyak tahu,sekaligus berfrofesi sebagai dukun kampung yang sering dimintai bantuannya jika ada warga yang kesurupan jin atau ruh-ruh gentayangan.Menurut keterangan yang kami peroleh,bahwa tidak ada yang mengetahui dengan pasti sejak kapan adanya penamaan kampung setan itu,yang jelas katanya dahulu kala ada warga yang sempat melihat rombongan wanita cantik berpakaian serba kuning menurungi bukit menuju sebuah sumur tua yang adanya di tepi hutan kampung. Setelah mereka semua tiba di sumur seketika lalu lenyap entah ke mana perginya, saat itulah masyarakat menamainya sumur setan yang adanya di kampung setan.

“Bahwa ada salah seorang warga yang sakrat di akibatkan oleh ulah jin yang mendiami kampung itu,hanya disebabkan orang tuanya pernah menebang pohon besar yang merupakan tempat tinggal jin di sekitar halaman rumahnya.beruntung berkat pertolongan Allah akhirnya orang itu dapat di sembuhkan” Ujar Puang Katang ketika ditemui oleh Wartawan Mitos dikediaman anaknya. Pada malam harinya Dia bermimpi bertemu dengan dua orang wanita mengenakan mukena berjalan menuju Masjid. 

Wanita itu lalu menyapa Puang Katang dengan nada menampakkan kebencian, katanya: “ seandainya kamu tidak mengobati Asri [nama anak yang sakit], kami sudah membunuhnya, tapi kali ini hanya peringatan buat siapa saja yang sewenang-wenang menebang pohon tanpa terlebih dahulu meminta izin”. 

Lanjut katanya: “kalau kalian mau menebang pohon,minta izin dengan cara menyandarkan sebuah kapak yang di letakkan pada pohon yang akan di tebang cara terbalik, artinya tajamnya bersandar pada pohon dan pemegangnya di bawah, lalu berdoa dengan menyebut nama Allah serta bershalawat kepada baginda Rasulullah mohon kiranya penghuni pohon ini dapat di pindahkan ke tempat yang jauh dan tidak mengganggu, setelah itu biarkan kapak itu sampai semalam. Keesokan harinya jika kapaknya rebah, itu pertanda permintaan di kabulkan dan silahkan di tebang. Kalau tidak , jangan di lanjutkan sebab dapat mendatangkan musibah bagi yang menebangnya” Tegas wanita itu memberikan peringatan kepada Puang Katang.

Lain halnya yang di alami Suke salah seorang warga yang memiliki sebuah kebun letaknya tidak jauh dari sumur setan. “Ketika itu jam 12 siang, Saya lagi beraktifitas di kebunnya tiba-tiba di melihat sosok wanita cantik berpakaian kuning berjalan mendekatinya, dengan perasaan takut tanpa pikir panjang Saya langsung mengambil langkah seribu berlari meninggalkan semua peralatan yang ku bawa dan anehnya wanita itu terus mengejarku. Sampai di rumahku, wanita itu menghilang” Ujar Suke Kepada Wartawan Mitos.
Sejak peristiwa itu Suke tidak lagi berani bekerja di kebunnya seorang diri.

Dari berbagai sumber yang mitos temukan, pada kesimpulannya kampung setan umumnya di huni jenis jin yang mayoritas berjenis kelamin wanita, dan memiliki seorang Ratu. Dahulu kala sampai saat ini umumnya masyarakat pedesaan ,ketika menemukan hal-hal yang bersifat ghaib di katakannya setan. 

Padahal penamaan Syethan dalam konsep ajaran Agama Islam adalah jenis mahl uk Ghaib ciptaan Allah yang tidak dapat terlihat dengan pandangan mata biasa, tetapi dengan menggunakan pandangan mata bathin, mahluk dari golongan bangsa jin yang punya prilaku buruk.Tidak semua jenis jin buruk,seperti halnya bangsa manusia. Kalaupun ada manusia yang punya masalah dengan jin,itu di akibatkan oleh ulah manusia itu sendiri karena tidak memahami aturan-aturan hidup dunia jin.(jabbar)
Sumber :MajalahMitos


 Lagi Kisah Seram: Ghost Stories Club  

Dikencani Genderuwo Belang Penghuni Sumur Tua - Kisah Seram

 Oleh: Dhany


genderuwo 

Sepak terjang jin yang suka mengumbar nafsu syahwat terhadap manusia sudah sering diungkap di media cetak maupun media elektronika. Dan hingga kini, kontroversi hubungan intim mahluk dari dua dunia masih terus bergulir. Ada yang menyatakan bisa, tapi, banyak pula yang menyatakan tidak mungkin!
Sebagian sosok yang gemar menggeluti dunia supranatural berkomentar, “Mustahil jin akan mampu mengintimi atau diintimi oleh manusia saat dirinya masih berwujud jin. Oleh karena itu, orang bisa mengintimi atau diintimi jin saat dia telah maujud menjadi manusia.”
Terlepas dari kontroversi dan pendapat yang beredar di tengah-tengah masyarakat, pada penghujung tahun lalu, di  Di Desa Sleman, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pernah dihebohkan oleh suatu peristiwa kejahatan seksual yang dilakukan oleh jin kafir atau biasa dijuluki Genderuwo Belang terhadap seorang
ibu muda beranak dua.
Menurut tutur yang berkembang, di antara puluhan jenis jin, maka,
Genderuwo Belang tercatat yang paling gampang tergoda birahinya terhadap kaum wanita dari bangsa manusia. Jadi bukan hal yang  aneh jika jin kelas rendahan ini lebih memilih untuk tinggal di dalam sumur tua atau pohon kawak di sekitar pemukiman penduduk.
Dan kali ini, yang menjadi korbannya adalah yang bernama Ny. Wati, 28 tahun, sebut saja begitu. Perempuan bertubuh sintal ini adalah merupakan isteri dari Ngadino, 36 tahun, dan sekaligus ibu dari dua orang anak. Kurniasih, 10 tahun dan Rita, 2 tahun. Menurut penuturannya kepada Misteri, sebelum tinggal di Sleman, suami-istri yang sama-sama tamatan SLTA ini selama 15 tahun tinggal di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Gajah Mati, Desa Karak, Kecamatan Bungo, Kabupaten Bungo, Sumatera Selatan.
Ya … Wati yang lahir di Indramayu dan Ngadino asal Tegal, Jawa Tengah itu ikut orangtua masing-masing sebagai transmigran di Sumatera Selatan. Bak asam di gunung garam di laut bertemu dalam belanga, meski beda UPT, tetapi, dua anak muda itu saling jatuh cinta dan menikah di tanah perantauan. Di tengah-tengah kerimbunan lading cengkeh, cinta kasih keduanya membuahkan dua orang putri yang cantik-cantik dan lucu.
Dan ketika Rita berusia setahun, kakek Wati memintan dia segera  pulang ke Indramayu untuk mengelola pabrik beras pusaka peninggalan keluarga mereka secara turun temurun. Dan setelah mendapatkan izin dan restu ari kedua orang tua masing-masing, akhirnya, Wati bersama suami serta kedua anaknya pulang ke kampung halamannya. Indramayu, tepatnya di Sleman. Di tempat yang baru, Wati bersama keluarganya menempati rumah mungil yang bangunannya menyatu dengan huller. Sebutan untuk pabrik beras. Sebagai putri daerah, dalam waktu yang tak begitu lama, Wati pun langsung akrab dengan warga sekitarnya. Begitu juga Ngadino yang ramah dan rajin sholat berjamaah di mesjid. Bahkan, hanya dalam waktu beberapa bulan, Ngadino telah dipercaya untuk menjadi pengurus Jamiyah Al Waqiah guna mendampingi Ustadz Busro yang mulai uzur serta sudah terlalu lama menjadi pucuk pimpinan kelompok keagamaan di desa tersebut.
Secara kebetulan, sepanjang lima tahun teakhir, panen musim tanam rendeng dan musim tanam gadu tahun lalu adalah yang paling bagus hasilnya. Sudah barang tentu, huller yang dikelola Wati pun menjadi amat ramai. Sebab setiap kali memasuki penen raya, selain melayani masyarakat setempat, sejak dulu, huller tersebut juga melayani kontraktor pengadaan beras Bulog. Seperti biasa, setelah dikurangi bahan bakar minyak dan upah kuli, sesuai perjanjian, uang yang masuk pada tiap harinya langsung dibagi dua. 40 persen masuk dompet Wati, sementara yang 60 persen menjadi hak pemilik huller.
Sebagai lelaki yang ulet dan enggan berpangku tangan, untuk menambah penghasilan, Ngadino pun ngobyek gabah dari rumah ke rumah petani baik yang tinggal di satu desa setempat maupun ke luar wilayah Kecamatan. Sementara, huller dioperasikan oleh lima orang karyawannya. Seperti biasanya, gabah yang dibeli dari petani dan telah digiling menjadi beras lalu dibeli kontraktor pengadaan Bulog dengan selisih harga yang cukup besar.
Tak pelak, tiap harinya, Ngadino pun lebih banyak di luar rumah.   Wati yang mafhum terhadap keberhasilan dan keuletan suaminya benar-benar amat menikmati keadaan itu, sebagai wanita normal, dia merasa terpuaskan manakala perhiasan emas melilit leher jenjangnya serta melingkari lengan dan jari jemarinya.
“Pokoknya secara ekonomi, perubahannya amat drastic ketimbang
kami masih tinggal di Sumatera,” aku Wati kepada Misteri.
Siang itu hujan mengguyur sangat deras selang beberapa jam setelah keberangkatan Ngadino ke luar Kecamatan untuk ngobyek gabah. Para kuli pun dengan tergesa-gesa mengamankan jemuran gabah yang terhampar di halaman huller. Dan setelah gabah sudah berhasil ditutup terpal pastik, mereka pun bergerombol di dalam huller sambil minum kopi dan berbincang ngalor-ngidul.
Sementara itu dapur, Wati sedang sibuk menyiapkan makan siang buat mereka. Dan untuk menghindari kejenuhan, Wati sengaja mendengarkan radio FM yang diletakannya di atas meja dapur. Agaknya, lantunan lagu-lagu dangdut dan celoteh humor sang penyiar radio mampu meredam suara guyuran hujan di atas genteng.
Sambil bersenandung kecil mengikuti lagu dangdut yang tengah dilantunkan, jemari Wati pun dengan lincahnya menyiangi sayur dan daun polong. Di atas kompor, kini, minyak di dalam wajan mendesis-desis dan berubah riuh manakala sisiran daun polong dan bumbu dimasukkan ke dalamnya.
Seketika, bau gurih bumbu lodeh langsung memenuhi kamar dapur yang lumayan sempit itu, tak berapa lama kemudian, cincangan sayur dan wortel pun dimasukkan ke dalam bumbu ditambah segayung air dari gentong. Ketika dari corong radio 2 band, terdengar suara sang penyiar menyatakan akan menutup acara dangdut untuk diganti acara pop dengan penyiar yang lainnya, karena kurang suka lagu pop, Wati pun bermaksud menggeser ke frekuensi lain yang menyuguhkan acara
dangdut.
Bertepatan dengan memutar badan untuk menghampiri radionya, wanita berparas cantik itu seketika terlonjak kaget. Rupanya, tanpa disadari, sejak tadi dia sedang diperhatikan oleh suaminya, Ngadino yang bersandar pada kusen pintu dapur. Setelah sirna dari rasa terkejutnya, buru-buru, Wati melempar senyum ke arah suaminya sambil melontarkan pertanyaan ringan.
“Kok buru-buru pulang Kang? Gabahnya sudah dapat belum”, tanya Wati dengan manja.
“Cari gabahnya nanti saja. Aku sengaja pulang karena sudah tak
tahan,” jawab Ngadino sambil menyeringai penuh arti dan melangkah menghampiri isterinya.
Seketika, Wati membalas pelukan suaminya dengan gerakan manja dan telapak tangannya mendarat di pundak suaminya. Sejenak kening Wati berkerut. Dia benar-benar merasa aneh, sementara hujan di luar begitu lebat, tetapi, kenapa baju suaminya tidak basah. Kenakalan tangan Ngadino, seketika mampu menepiskan kecurigaan itu. Bahkan, dengan manja Wati pun bergayut di pundak Ngadino dan keduanya beriringan menuju kamar tidurnya.
Wati sempat melirik ke serambi rumahnya. Dia melihat Bik Inah, isteri salah seorang karyawannya sedang mengasuh Rita, sedang Kurniasih masih di sekolah.
Tidak seperti biasanya, kali ini, Wati benar-benar dibuat benar-benar terkapar oleh suaminya. Selain ganas, hampir satu jam suaminya baru tuntas. Bertepatan dengan usainya pertarungan birahi, sontak, hidung Wati mencium bau sangit hingga dengan bergegas ia  meninggalkan ranjangnya menuju dapur. Wati dibuat geram manakala menemukan sayur lodehnya nyaris menjadi arang dengan asap yang menggumpal. Sambil menggerutu, Wati terpaksa memasak lagi sayur lodehnya sebelum mandi besar.
Menjelang Maghrib, truck penuh karung gabah memasuki halaman huller. Dengan sigap, Ngadino mengatur kuli agar segera membongkar muatan, setelah itu, ia bergegas memasuki ruang tamu. Di serambi dia berpapasan dengan istrinya yang tampak cerah.
“Untung aku datang lebih pagi, telat sedikit saja pasti sudah disabet orang lain. Juragan itu butuh uang banyak untuk menerbangkan anaknya ke Korea sehingga menjual semua hasil panennya. Rezeki nomplok, Nok,” demikian celoteh Ngadino di depan istrinya.
Wati balas memuji keberhasilan suaminya dengan kening berkerut. Ya, dia pantas bingung mendengar celoteh suaminya. Bagaimana bisa ngomong pagi-pagi, sementara pukul 10 lewat suaminya baru berangkat lagi mencari obyekan gabah seusai berhubungan intim dengannya. Apakah salah mengucap ataukah sekadar melampiaskan rasa bangganya atas perolehan gabah yang memang sangat banyak.
Keanehan demi keanehan terus mengisi ruang pikiran Wati, terutama kebiasaan baru suaminya, berangkat pagi buta dan pulang lagi pukul 9 atau 10 hanya untuk berhubungan badan kemudian berangkat lagi ngobyek gabah ke luar Kecamatan. Malamnya, akibat serangan kantuk yang sangat sulit ditepiskan, membuat hasratnya musnah terhadap sentuhan jemari Ngadino serta bisikan lembut pada daun telinganya.
Beruntung, Ngadino mau berlapang dada atas penolakan Wati yang memang tampakamat mengantuk di balik selimutnya.
Seperti pagi-pagi yang lalu, sebelum memulai aktivitas di dapur, Wati terlebih dulu mencuci beras di sumur yang terletak di belakang huller. Walau sumur tua, namun airnya jarang kering serta sejernih air ledeng.
Semasa masih ingusan, Wati sudah biasa menimba air untuk mandi di sana. Kali ini, sambil menurunkan ember plastik, sepasang mata Wati
terus mengikutinya hingga pantat ember menyentuh permukaan air sumur. Saat itu, ada getaran kuat dan sangat ganjil merasuki bathinnya. Ya … getaran hasrat wanita dewasa terhadap lelaki yang amat dicintainya. Begitupun ketika menenteng bakul berisi cucian beras di pinggang kanan dan tangan kiri menenteng ember berisi air, Wati merasa seolah ada sepasang mata menatap punggungnya. Didorong penasaran, dia langsung  menoleh ke belakang. Tak ada yang berubah, di sana hanya ada sumur tua. Tak ada siapa pun selain kesunyian yang mistis.
Keanehan lainnya, hari-hari terakhir ini entah kenapa Wati begitu gampang terbuai oleh lamunan. Pikirannya kosong. Hanya dipenuhi oleh hayalan masa lampau yang menari-nari dengan ritmis lembut dalam ruang jiwanya. Selain gampang terbuai lamunan, emosinya pun sangat mudah terpancing. Terkadang spontan marah tanpa sebab dengan sasaran siapa saja yang ada di dekatnya. Tidak terkecuali Kurniasih bahkan si bungsu yang masih polos.
Lamunannya buyar akibat suara langkah kaki di belakangnya. Buru-buru dia menoleh ke belakang. Dan beberapa langkah di belakangnya berdiri Inah dengan tatapan ganjil. Inah pun menyapa majikannya dengan nada iba dan penuh kasih.
“Kalau boleh, biar saya saja yang menyiapkan makan siang. Bu Wati kelihatan pucat sekali, jangan-jangan Ibu sedang sakit,” kata Inah.
“Tidak perlu repot, Rita mana?” Ujar Wati sambil bertanya.
“Lagi ditemani Kang Trisno di huller,” jawab Inah tetap sambil menunduk.
“Jangan ganggu suamimu, bukankah dia sedang bekerja. Sudah
Sana,” bentak Wati.
Inah tertegun beberapa saat. Baru kali ini dia melihat majikannya beraku sekasar itu. Tanpa disuruh duakali, Inah langsung meninggalkan dapur menuju huller. Belum lagi kejengkelan itu hilang, kembali Wati dikejutkan suara langkah kaki di belakangnya. Kali ini dia sudah tidak mau kompromi lagi  terhadap Inah. Sambil memutar badan dia bersiap-siap membentak. Tapi apa daya, suaranya tersangkut di kerongkongan.
Beberapa langkah di depannya berdiri Ngadino dengan tatapan penuh hasrat. Dan kali ini, untuk pertamakalinya dia menegur suaminya yang doyan menyusup ke dapur saat dirinya mulai memasak. Wati tidak mendapat jawaban selain rengkuhan hangat dari Ngadino. Jika sudah direngkuh seperti itu, maka, hasrat kewanitaannya langsung terpancing. Hingga tanpa banyak pertanyaan lagi, Wati pun langsung mengikuti langkah suaminya menuju peraduan.
Seperti biasa, cumbuan yang panas pun terjadi. Kini, pakaian keduanya mulai tercecer di lantai. Dan di balik selimut, mulut dan tangan keduanya sibuk dengan aktivitas birahi yang bergelora. Pada detik-detik selanjutnya, yang terdengar hanyalah erangan dan rintihan dari celah bibir Wati mengimbangi orang yang dicintainya tengah mengayuh kenikmatan.
Setengah jam berlalu begitu cepat, dan kain selimut sudah melorot ke lantai. Kini keduanya mengayuh kenikmatan tanpa selembar penutup pun. Sebelum puncak birahi berhasil dicapai, daun pintu didobrak dari luar disusul cairan bening yang mengguyur punggung Ngadino dan sebagian membasahi dada Wati.
Hanya dalam hitungan detik setelah diguyur air bening, sontak, Wati merasakan ketakutan luar biasa. Betapa tidak, sosok laki-laki yang ada di atas tubuhnya menggeram sangar dan tubuhnya bertambah berat menindihnya. Sebelum Wati sadar dengan apa yang telah terjadi, lengannya dibetot sangat kuat hingga tubuhnya terseret ke atas lantai.
Secara reflek, Wati buru-buru menyambar kain selimut untuk menutupi tubuh polosnya.  Seketika Ngadino merengkuh tubuh Wati dengan penuh kasih. Sementara, di sampingnya tampak Ustadz Busro yang terus menerus membacakan ayat suci dengan ritme sangat cepat.
Sementara di atas ranjang yang ada bukan Ngadino, melainkan sosok bugil sangat mengerikan. Tubuhnya begitu besar nyaris memenuhi permukaan ranjang. Dan yang paling mengerikan adalah bentuk wajahnya. Wajah dan tubuhnya berkulit Zebra, berambut gimbal juga menguarkan bau apek yang teramat menyengat dan memenuhi ruang kamar tidur itu.
Makhluk menyeramkan itu menggerung-gerung histeris, karena kesakitan yang tak teranggungkan. Pada bagian punggung yang terkena siraman air mengepulkan asap bak air raksa yang melelehkan logam. Dan pelan-pelan makhluk itu duduk di atas ranjang dengan kepala nyaris menyentuh penyangga kelambu.
“Tidak kusangka, engkau ternyata Genderuwo Belang terkutuk!” Bentak Ustadz Busro.
“Hrrrhh … ampoooun … ampouun menusaaa. Hanaaas …
hanaaasss!”
“Baik, engkau saya ampuni. Tapi, sebelum saya lepas, ada syarat yang harus kamu kerjakan. Sanggup?!” Tanya Ustadz Busro.
“Hatakan menusa. apa syaratnya?”
“Pertama, bersihkan segala kotoranmu yang ada pada Bu Wati. Kedua, tinggalkan sumur tua itu dan jangan ulangi perbuatan bejatmu kepada wanita manapun dari bangsa manusia. Lakukan syarat itu, lekas!” Bentak Ustadz Busro.
Makhluk itu lenyap dalam sekejap, seiring Wati seolah merasakan ada sengatan listrik yang keluar dari alat vitalnya. Akibatnya, Wati pun terkulai tak sadarkan diri dalam pelukan suaminya. Ngadino.
Wati tal sadarkan diri nyaris seharian dan baru siuman bertepatan dengan lantunan adzan Maghrib dari corong mesjid.
Semoga pembaca sekalian dapat mengambil hikmah dari cerita ini, betapa, iblis tak jemu-jemu menggoda manusia sampai akhir dunia tiba.

(Dimuat di Majalah Misteri #429 Edisi 20 OKtober- 4 Nop 2007 )


Lagi Kisah Seram: Ghost Stories Club